Tersesat yang Menyenangkan

Sunday morning at Kenjeran
Hari ini minggu 15 maret 2008, saya bersama teman saya labiburrahman al Fayumi ada tugas peliputan di daerah kenjeran, Surabaya. Pagi-pagi buta sudah kita berangkat ke Pantai kenjeran. pikiran awal kita membayangkan lokasi peliputan ada di perpantaian. Ya!, hari itu kita berencana meliput kegiatan anak-anak ITS yang tergabung dalam TPKH(Tim Pembina Kerohanian Hindu) ITS.

Wah dalam hati kita sama-sama berpikir,"asyik juga nih ke kenjeran, bisa foto-foto pemandangan disana," pikir ku dalam hati. Tepat pukul jam 8 pagi kita meluncur ke Kenjeran. Melewati jalur galaxy mall kita sampai di daerah kenjeran. sekarang tinggal melihat dimana lokasi peliputan berada. Karena dari awal kita semua berpikir tempat peliputan berada di lokasi pantai. kita fokuskan pencarian pada lokasi wisata pantai ria, atau yang dikenal masyarakat setempat Pantai Kenjeran Baru.

Teman saya labiburahaman Al Fayumi, selalu fokus memperhatikan jikalau ada lokasi yang serupa dengan Pura atau semacamnya. Perjalanan kita teruskan dengan menggunakan L3798MQ saya, melewati jalan-jalan berliku, dan panjang. Tanpa disadar kita sudah lewati daerah kenjeran dan hampir mendekati wilayah jembatan Suramadu yang belum jadi. kita jadi kaget, sejauh mata memandang yang ada cuman jalan panjang, tengok kekiri adanya cuma lautan. waduh dimana Puranya?

Terpaksa deh kita tanya, alfayumi:"mas sampaean tau lokasi Wantilan Dewa Ruci, Pura Sagara kenjeran" Ujar Alfayumi jelas. Pertanyaan itu ditujukan pada seorang bapak pengendara motor, Pengendara Motor:" wah sampaen salah jalan mas, ada di Pantai baru ini lokasinya" tutur pengendara motor menjelaskan. Setelah berterimakasih pada bapk tadi kita langsung meluncur ke lokasi yang di maksud.

Kenjeran adalah lokasi pantai di Surabaya yang menjadi pusat industri kecil dari para nelayan. Memasuki daerah permulaan pantai, aroma laut tercium kuat di sepanjang laut. Ibu-ibu nelayan terlihat mengerikan dan menjemur ikan, dan kerupuk ikan buatan mereka. Di kenjeran juga menjadi tempat rekreasi yang lumayan mengkendurkan syarat setelah seminggu berkelut dengan dunia.

Walaupun Pantai Kenjeran tidak seindah pantai kuta di Bali, dan Sengigi di Lombok. Banyak warga Surabaya sendiri memilih berlibur disana. Dengan membayar kurang dari 20 ribu kita sudah bisa menikmati suasana laut tropis. Kembali lagi ke perjalanana 2 orang Jurnalis Narsis ini, akhirnya kita sampai ditempat yang ditunjukan oleh bapak tadi. Pantai Ria atau Pantai Kenjeran Baru, sesampainya disana kita takut diminta tiket masuk oleh petugas penjaga loket. Tapi setelah dengan sedikit basa-basi, dengan mengandalkan ID Card ITS Online dan bilang ada acara arek-arek ITS didalam. Kita bisa masuk gratis, tanpa membayar loket.

Alhamdullilah, Kita akhirnya nyampai juga di tempat lokasi. Dikejauhan kita melihat bangunan seperti Pura, tapi nyatanya itu tadi adalah Vihara. "Aduh!ga ketume rek?" Ujar ku. Tapi trnyata ada Pura Sagara yang kita yakinin sebagai tempat lokasi. setelah bertanya, pada Ibu penjual makanan disana, disini buat beribadah,"Sampaen lurus saja ke Utara ada Bola Kuning masuk, biasanya disana kegiatannya," Jelasnya

Kita pun mengikuti arahan dari sang Ibu penjual makanan. Sesampainya disana, muncul pertanyaan besar dari kita berdua...?Mana Kegiatannya?....

Duh akhirnya kita putuskan untuk menelpon sang empunya kegiatan, I Bagus Krismanto P mahasiswa Elektro ITS. Saya pun memberhentikan motor, di taman yang cukup indah. wah! banyak yang pacaran disini. kelihatan kenjeran jadi lokasi pacaran favorite dari beberapa pasangan muda-mudi. Dari yang hanya nongkrong di taman, sampai yang menyewa perahu mengelilingi pantai kenjeran.

Sang empunya Bilang tempat Lokasi kegiatan ada di Kompleks TNI AL. Kita pun berencana kesana, Tau nya di tengah jalan. Alfayumi nyeletuk, "eh jar foto-foto dulu yukz mumpung di Kenjeran dan Gratis,"Pintanya.

Ya saya turutin aja keinginan teman saya itu. Lokasi Foto-foto pun kita tentukan, pertama kita foto dengan background kuil ala china, sampai ke dermaga yang terbuat dari batu karang. Saya juga tidak mau melewatkan momentum yang baik ini, dengan mengambil beberapa foto
lokasi dan kondisi di kenjeran. Sembari menyalurkan hobby Photograpy saya.
berikut hasil jebratan saya di Kenjeran:

Dewa-Dewi di Kenjeran

Ojek Perahu Cinta

Tuh.. kan benar Perahu Cinta
"Pasangan muda-mudi di Perahu yang membawa mereka berkeliling pantai"

Berpacaran ria
"maaf mbak, mas,kita ambil fotonya diam-diam"

Bakal Jadi Manggrove nih
Sapa yang nanam nya?

Tumpukan Batu Karang yang Bagus nih buat melindungi manggrove dan pantai

Mancing...!!!wah dapat ikan ga ya?

Labiburrahaman Al Fayumi

Comments

Popular posts from this blog

Foto-Foto Terlarang Hindia Belanda

Green Street Hooligans, Bonek

Ruas Berita di PTN Peraih Akreditasi A