Membentuk Pribadi Sukses


Lagi surfing di dunia maya buat nyari bahan tugas Propulsi kapal, nemu deh tulisan yang cukup baik ini. Mencoba membagi bagi teman-teman sesuatu yang bermanfaat ini...
silahkan dinikmati...

Written by Zein Abidini *)
Friday, 06 June 2008

Siapapun kita pasti menginginkan sukses. Tapi apa itu arti kesuksesan dan apa bentuk kongkritnya, tidak sedikit orang kesulitan mendefinisikannya. Apalagi mencapainya. Hal itu tak lain karena kita hidup di lingkungan yang telah memberikan pemaknaan yang begitu kabur, menjalani hidup tanpa terencana hingga suatu saat di hari tua kita sadar bahwa semua telah berlalu.

Banyak dari kita telah terperangkap pada mindset (cara berpikir) yang telah demikian tertanam dalam benak kita, sehingga tak jarang kita menjadi terkoptasi dalam realitas yang parsial. Bagaikan katak yang puas hidup dalam tempurung. Bagaimana mindset demikian dapat terbentuk dalam diri mereka, hal itu bisa dijelaskan dengan Fase psikoprogram dalam hidup kita sebagai berikut:

Pertama, masa tanam. Fase ini terjadi saat kita berumur 0 hingga 7 tahun. Pada masa ini kita memperoleh pengetahuan-pengetahuan dasar tentang diri dan sekitar seperti berjalan, berbicara, menirukan bahasa yang didengar.

Kedua, periode model. Pada periode ini biasanya kita akan menciptakan model-model tokoh tertentu yang akan kita tiru. Makanya wajar jika anak pada usia ini akan menirukan hero yang mereka kagumi, atau orang yang mereka anggap bisa dijadikan model ideal. Periode ini terjadi pada masa 7\14 tahun.

Ketiga, periode sosial. Pada periode ini kita sudah mulai suka berkumpul dengan teman-teman seumuran, mencoba untuk berinteraksi dengan sekitar, dan mulai mencari bentuk jati diri. Masa ini terjadi pada era 14―21 tahun.

Lalu bagaimana kita menjadi pribadi sukses? Yang pertama, kita harus memulai dari konsepsi diri, gambaran kita tentang diri ideal kita pada beberapa tahun yang akan datang. Jangan takut menatap hari esok, karena hari ini adalah awal dari esok itu sendiri. Bayangkanlah apa yang kita inginkan beberapa tahun yang akan datang. Jangan takut bermimpi akan menjadi apa dan sebagai apa, karena manusia hidup dimulai dari mimpi dan ia bisa kita jadikan tujuan. Semakin dekat kita dengan tujuan kita, semakin banyak proses yang kita lakukan, maka semakin kita akan merasakan kesuksesan.

Langkah yang kedua, adalah citra diri. Kita harus membentuk citra diri kita, tentang apa yang seharusnya melekat pada diri kita, apa yang kita inginkan, dan tentang apa yang harus kita perbuat. Kita mulai citra diri ini dengan mengukur ada dimana kita saat sekarang ini dan ada dimana konsepsi diri kita beberapa tahun lagi. Setelah kita berpikir tentang citra diri kita, maka lanjutkan dengan berproses atau action. Dan action adalah bagian dari pembentukan citra diri itu sendiri.

Setelah itu bisa kita lakukan. Mulailah kita coba berbicara pada diri kita (self talk). Kata hati ini kita perlukan untuk memberikan pondasi keyakinan akan sesuatu hal yang harus kita perbuat. Ingatlah! Orang yakin akan dapat dengan mudah menundukkan orang pintar. Banyak kita temui di lapangan orang yang sebenarnya tidak pintar tapi ia dapat menundukkan banyak orang-orang pintar bertitel. Contoh mudahnya bagaimana kita lihat A. Mushaddiq yang hanya lulusan SMA dapat memperdayai banyak orang pintar yang malah sudah ada yang lulusan S2 dengan klaim kenabiannya hanya karena ia merasa yakin bahwa ia seorang nabi.

Citra diri dan self talk yang negatif seperti tidak pede, kecanduan rokok, malas dan mudah menyerah terjadi karena telah mengendap dalam alam bawah sadar kita. Alam bawah sadar ini bisa direprogram menjadi positif, seperti menjadi pede, terbebas dari rokok, mempunyai tekad yang keras dan tidak mudah menyerah. Reprogram alam bawah sadar dapat kita lakukan dengan cara masuk ke dalamnya.

Kenapa selama ini orang-orang sulit mengubah citra diri dan self talk negatifnya karena alam bawah sadarnya tidak disentuh. Untuk menyentuh atau memasuki alam bawah sadar kita, dapat dilakukan dengan afirmasi: tegaskan secara berulang-ulang tentang apa yang menjadi tekad kita, beri ia sentuhan emosi berupa kemantapan hati akan good feeling yang akan kita tanamkan pada alam bawah sadar. Cara lainya untuk mereprogram alam bawah sadar kita adalah dengan bantuan figur yang amat sangat kita segani, yang setiap kata-katanya menjadi petuah bagi kita. Hal lainnya lagi adalah dengan cara relaksasi, hal ini dapat dilakukan dengan hipnosis melalui gelombang teta, yaitu suatu gelombang yang timbul saat kita sedang fokus atau sejenis gelombang yang ada pada waktu kita berada di antara alam sadar dan tidur.

Kenapa reprogram alam bawah sadar ini penting? Karena sebenarnya ia seperti gunung es yang berada di bawah lautan. Alam sadar kita adalah gunung es yang tampak. Jadi betapa besarnya potensi yang terpendam dalam diri kita. Jika ini semua dapat kita optimalkan, maka kesuksesan sudah ada di depan mata. Inilah yang kita sebut sebagai mindset untuk menjadi pribadi yang sukses.

*) Direktur Sekolah Motivasi Indonesia dan Master Trainer EMBoss

Comments

adfavors said…
wah bagus 2 artikelnya...btw saya ni masih pemula di blogspot...bgaimana ya mas membuat sitemap blog blogspot biar cepet dikenal search engine?saya masih bingung ni.trims
adfavors said…
wah bagus2 artikelnya ya mas buat sitemap untuk blog blogspot gimana ya?masih pemula ni mas..trims
fajjar_nuggraha said…
salam kenal...
saya juga masih pemula koq...
sebenarnya kalau ingin cepat dikenal search engine...
blog yang kita harus konsisten dengan tema atau isu apa yang kita angkat...
misalnya mas angkat mengenai displin ilmu mas, saya kasih contoh civil engineering, nah semakin banyak muatan kata sipil di blog anda maka dengan sendirinya jika pra surfer dunia maya ngsearch kata yang berhubungan dengan civil, maka yang berada diurutan pertama hasil pencarian adalah blog anda.
itu yang saya tau mas...kurang lebihnya saya mohon maaf

Popular posts from this blog

Foto-Foto Terlarang Hindia Belanda

Green Street Hooligans, Bonek

Sunrise of Java, Banyuwangi