Ruas Berita di PTN Peraih Akreditasi A


Gambar: dari berbagai sumber

Beberapa hari yang lalu heboh berbagai pemberitaan tiap media massa mengenai 5 PTN negeri yang mendapatkan akreditasi A. Yang bikin heboh berita ini tidak lain karena tidak banyaknya perguruan tinggi yang bisa ikut di uji dan mendapatkan akreditasi. Bahkan Unair yang 2 tahun terakhir ini selalu di atas ITS dalam peringkat peminat SPMB tidak mendapatkan nilai A. Tentu hal ini menjadi sedikit hiburan perihal banyaknya sorotan media regional Jatim ke kampus perjuangan ITS kita ini. Perihal video rusuh"Futsal Tekfis vs Demit" dan pemberitaan pengkaderan teknik mesin yang mengandung unsur kekerasan untuk sementara dapat terobati dengan kabar menggembirakan ini. Berita selengkapnya dapat dilihat di berita kompas

Berarti ada 5 PTN di negeri ini yang bisa dibilang memiliki nama dipentas pendidikan Indonesia dan dunia kemajuan serta pembentukan tingkat keintelektualan, kecerdasan, profesionalitas. Bahkan dari segi pemberitaan dari unsur institusi mereka sendiri. Kali ini memory of the day akan menampilkan investivigasi perihal ruas berita yang diberikan pada masing situs empat universitas tadi. Kalau dibandingkan sesama situs dalam negeri tidak lah valid maka disini juga dicarikan tandingan universitas top dunia. Tentu juga dibandingkan dengan beberapa situs media online agar para pembicara bisa menilai kualitas dan keapikan situs mana yang lebih memperhatikan ruas buat berita dan info kampus masing. Posting ini tidak bermaksud mendeskriditkan pihak tertentu, memory of the day hanya menyajikan biar para pembaca yang menilai. Berikut tampilan dan beberapa ulasan dari pendapat saya pribadi mengenai situs PTN peraih akreditasi A di Indonesia. Sebelumnya PTN-PTN itu adalah, ITS, ITB, UI, UGM, dan IPB.

1. ITS
Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) tampil dengan design barunya dan ruas berita yang terdiri dari 4 bagian, antara lain: Berita, Profil, Opini, dan Media luar. Pihak yang bertanggung jawab dalam update yakni redaksi ITS yang tergabung dalam ITS Online. Badan Kehumasan yang berada dalam nanguan Pembantu Rektor 4 ITS.

Tampilan depan dari situs ITS yang tebaru


ini ruas berita yang ada di ITS

Tampilan lengkap dari Berita ITS

kalau dari segi isi kita bisa lihat tampilan berikut, atau dapat langsung diklik di www.its.ac.id

2.ITB
Kampus Ganesha, dengan keunggulan berbagai bidangnya didunia industri dan engineering tidak membuat ITB lupa untuk selalu mencitrakan kampus mereka lewat berita Online. Dari unsur kemediaan ITB telah memenuhi kriteria, antara lain adanya unsur berita dan informasi dan foto. Namun dari segi teknis masih kurang, diantaranya segi penulisan dan foto headline, serta terdapat beberapa kode etik mengenai jurnalistik yang tidak ditonjolkan disini. Karena saya bukan mahasiswa sana, jadi tidak tau badan atau lembaga apa yang mengolah pemberitaan situs ini. Keunggulannya selain tampilan space lebih besar dan banyak, pada tampilan depan berita teks dilengkapi dengan berita multimedia yang tentunya menambah apik media online ITB.

Tampilan depan situs ITB


Ruas berita yang sangat besar dan didukung dengan multimedia newsnya
ruas berita ditaruh ditengah posisi web


Isi berita di ITB dapat dilihat langsung dan dibandingkan di www.itb.ac.id

3. UI
Universitas Indonesia, kampus yang terletak di depok ini baru saja mendapatkan pengakuan internasional atas jurusan teknik mesin dan industrinya. Kampus yang memiliki area komplek yang luas dan terkenal dengan almamater kuning kebanggannya ini, meletakkan ruas berita di posisi kanan atas. Ruas juga dikasih jatah sangat kecil, selain itu pada pemberitaan juga tidak didukung dengan foto. Secara jurnalistik pun tulisan dari berita agak kurang memuaskan, namun saya kembali serahkan kepada pembaca untuk membandingkannya.

Tampilan depan situs UI
Terlihat posisi peletakan dan space berita pada pojok kanan atas


Isi berita dari UI
Dapat dilihat langsung pada www.ui.ac.id

4. UGM
Universitas Gajah Mada, perguruan tinggi yang terletak di kota pelajar yogyakarta ini menyediakan ruas yang cukup banyak dan besar buat berita-beritanya, namun kembali disayangkan. Nampaknya banyak dari kampus-kampus top 5 Indonesia ini yang kurang sadar akan kebutuhan jurnalistik dasar dalam pengolahan media kampusnya. Teknis penulisan, dan beberapa EYD yang masih banyak terdapat kesalahan. Selain itu kehadiran foto tentunya menjadi hal yang sangat mendukung. Meskipun porsi foto pada media Online sangat kecil. UGM sudah memiliki kesadaran akan hal-hal di atas, namun sayang peletakan link berita agak susah didapatkan, dan yang membuat menarik adalah tampilan slide show dari foto-foto yang ada. pengolahan berita dilakukan oleh pihak Humas UGM.

Tampilan depan situs UGM
Ruas berita diletakkan pojok kanan atas dengan tampilan slide foto


Berita yang ada di UGM
Untuk dapat membandingkan secara langsung dapat dilihat di www.ugm.ac.id

5. IPB
Institut Pertanian Bogor, dalam bidang pertanian perguruan tinggi ini tidaklah dapat tersaingin dengan kehadiran kampus lainnya. Alumni dari IPB pun banyak yang beralih bidang menjadi wartawan bahkan perbankan. Muncul berbagai selentingan dari publik perihal alih bidang tersebut, akronim dari IPB sendiri sering disalahartikan sebagai Institut Perbankkan Bogar. Dari segi penulisan IPB sudah sangat mantang dan siap saji, selain itu ruas yang diberikan juga cukup longgar dan besar. Nampaknya peran keredaksian sudah terlihat dan berfungsi dengan benar. Bisa kita lihat diakhir berita terdapat kode jurnalis dari reporter dan redakturnya.

Tampilan depan situs IPB
Ruas berita diletakkan ditengah dengan space yang besar


Berita di IPB
Untuk melihat langsung berita klik di www.ipb.ac.id

Telah kita lihat sendiri tampilan dan ruas berita yang ada di top 5 PTN di Indonesia, memory of the day disini juga menyoroti aspek penulisan dan beberapa kode atik dan kaedah jurnalistiknya. Terutama dari segi Jurnalistiknya, sebuah pemberitaan yang baik haruslah memenuhi 5w + 1 H, namun itu secara dasar. Masih terdapat banyak lagi beberapa ketentuan jurnalistik yang masih belum di konsumsi para media online kehumasan yang ada di Indonesia.

Disini saya berbicara selain atas nama dewan redaksi MOD, juga berbicara sebagai salah satu orang yang ada dibalik pemberitaan ITS. Sebagai salah satu crew ITS Online, dan secara pribadi mengatakan secara penulisan dan keadah jurnalistik, ITS Online nampaknya belum terkalahkan. Pembaca bisa langsung bandingkan sendiri, pernyataan ini bukan berarti karena didasarkan background saya dari ITS, namun ini jujur ungkapan hati sang jurnalis yang menyampaikan sesuatu berdasarkan fakta dan jujur. Seperti hakekat jurnalis yang berjuang untuk menyampaikan pesan kejujuran.

Berikut juga diambilkan pembanding dari universitas top dunia seperti MIT ( massachusetts Institute of Technology )

Tampilan depan situs MIT
Ruas berita ditaruh pada posisi kanan atas
nampak kecil namun didalam link tersebut terdapat space yang lebih besar lagi


Pada gambar dibawah nampak ruas yang diberikan MIT pada berita kampusnya
Selain itu terdapat berita plus foto sehingga menarik untuk dibaca

Berita di MIT
Dianjurkan pula untuk langsung membandingkan di web.mit.edu

Selain dari Media Online PT dari luar negeri, disini kita juga menunjukan tampilan dari detik.com, situs pewarta online ini patut dacungkan jempol perihal kecepatan update beritanya. walaupun terkadang masih banyak penulisan dan teknis jurnalistiknya masih terdapat kekurangnyamanan pembaca untuk membacara artikel disana.

Tampilan depan dari detik.com

Isi berita di Detik.com

Mungkin masih banyak acuan lain untuk dijadikan bandingan, tapi yang pasti media online sangat profit sekali dalam menyampaikan pesan. Oleh sebab itu apa salahnya jika media humas online dikelola dan diurus dengan tenaga terlatih dan profesional. Kedepan pemberitaan mengenai kampus selain juga memberikan pengaruh nilai webometrik, dapat juga menumbukan self imaging dari kampus masing-masing.

Sekian investigasi dari saya, kita akan bertemu ladi ulasan di investigasi yang lebih tajam dan akurat.

Comments

Dadi intine sing nomer siji tetp ITS, gitu toh maskudmu Jar (dibandingkan media PT lain)?

Tapi page rangex tetep ngsisin2ni Jar, jurnale kurang, sering updatex bahkan mungkin yo kalah. Media OL itu makin sering update ya makin tenar (salah satu faktor). Terlepas update sesuai kaidah ato tidak ^_^ (kaya' blog lah).

Ya intinya jangan bangga dulu laaah :p. Keistimewaan dikit dibanggain jadinya yo habis.
yudha said…
Dan apabila ada akreditasi dalam hal blog pastilah blog saya yang dapat A,, kriteria penilaiaan yakni ketampanan sang pemilik blog diberi porsi lebih

aksarayudha.blogspot.com
fajjar_nuggraha said…
@labib
kan dari segi udate berita kyknya kita juga nomero uno...
hari tiap PT tak cek lg tapi yang update cuman kita.
fajjar_nuggraha said…
@yudha
syngya jika penilaiannya ketampanan tentunya nilai A++ milik blog ku
Anonymous said…
Jar, lama tak berkunjung ke blogmu.
Wah... baca tentang akreditasi bikin puyeng...
Eh, kriteria web site PTN baik tu emang apa? kok kita kalah sama UGM? padahal..kita dah lumayan lengkap!!
paa dilihat dari ke-update-an berita???
\Waahahaha ITS Online ni...
fajjar_nuggraha said…
@catatansaya
kriterianya banyak banget...
mulai dari berapa pengunjungnya tiap hari...dlll
wajar kita kalah, mungkin diakibatkan content yang berisi jurnal dan hal ilmiah lainnya masih kurang.
selain itu program bahasanya, kan ada to web versi indo n english..
punya kita juga ga jelas ada pa ga.
plus tentunya update berita juga dilihat.
dari segi ini kita pasti numero uno.
yakin deh
boleh dicheck di tiap situs
halah narsis
hehehhehehehe
aklam said…
sing iki postinganmu berkelas gan...
mangstab
Zayn Zesha said…
ya gini kalo posting.....
lanjut Jar.
soal akreditasi.......blogku dapet apa ya??? bisa nilai Jar?!
fajjar_nuggraha said…
@aklam
msih kalas kelas sama km gan...
maklum masih newbie...
fajjar_nuggraha said…
@emal
berdasarkan page rank google nilai anda masih nol besar untuk blog blogspot mu...
masih kalah 2 point dari saya...
hahahhahaha

Popular posts from this blog

Foto-Foto Terlarang Hindia Belanda

Green Street Hooligans, Bonek