Pangkalan Bun, Kampung Halaman ku

Nb : Klik Foto untuk memperbesar dan memperjelas

Malam minggu di lantai di lantai 6, binggung mau ngerjain apa setelah belajar seharian di LAB. Mulai dari youtube dan kaskus, saya buka sembari membaca buku keandalan sistem (reliability book). Namun masih aja jenuh mau ngapain.
Akhirnya terbesit mencari tempat lewat wikimapia.com, sebuah situs yang menyediakan foto udara secara gratis. Bermaksud untuk mencari lokasi-lokasi menarik di Surabaya, toh akhirnya kursor laptop saya arahkan kearah pulau Borneo yang nampak besar dan elegan dilihat dari langit bumi pertiwi ini. Terang saja, saya langsung mencari kota kelahiran saya, yakni Pangkalan Bun Ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat ini terlihat sangat hijau dan asri. Entah pada tahun berapaa foto udara ini diambil, yang pasti ketika saya masih SD atau sebelum itu, ini terlihat dari gedung SD tempat saya menuntut ilmu masih berbentuk L, dan belum mengalami perubahan. Zaman dulu, Pangkalan Bun masih banyak hutan yang mengelilingi Kota Manis ini.
Di sekitar daerah rumah saya pun hanya sedikit bangunan yang terlihat, padahal waktu pulang terakhir kali sudah menjadi ramai. Heh, jadi teringat dulu sering banget jogging ke belakang rumah, mesti dikelilingi hutan. Peristiwa jogging ini tidak akan terlupakan karena, dulu waktu jaman SMA. Saya pernah jogging sendirian hingga menempuh berkilo-kilo meter jauhan ke arah dalam rute itu. Kondisi cuaca sangat cerah dan mendukung. Namun tiba-tiba saja cuaca tidak bersahabat, menjadi ciri khas kota ini kalau sudah hujan deras selalu diikutan kilatan dan sambaran petir yang luar biasa. Dulu banyak sekali kasus perihal rumah dan orang yang tersambar petir. Beruntung saya waktu itu, dengan laju lari yang mulai lelah, dengan seketika petir menghantam tanah kurang lebih 5 meter tepat dari saya berdiri, kalau tidak salah saya memperkirakan. Yang pasti posisinya sangat dekat dengan posisi saya berdiri.Tubuh ini pun merasakan amarah dewa zeus ini.
Memang banyak cerita dan kenangan indah yang tak terlupakan dari kota ini.
Pada edisi yang akan datang, MOD akan hadir dengan liputan khusus Kota Manis Pangkalan Bun.

Comments

catatansaya said…
ow Jar, pangkalan Bun jelasnya ada di peta kan ya? aku susah Jar mau nemuin rumahku di peta, googleearth aja tak mampu melakukannya..... malang nian nasib desaku jar..
fajjar_nuggraha said…
@catatansaya
masa sih...
bukannya km dari madiun...
masa kota segitu besar googleearth ga bisa ngsearch...
Arsyil_keren said…
Tuh foto udara tahun 2002 kali bang. Saya pake google earth sih tahun 2002.

Masih inget saya ga? Alumni smansa juga. Yah pernah dimos waktu bang ebek.

Kunjungi blogku arsyil.blogspot.com

=Arsyil=

Popular posts from this blog

Foto-Foto Terlarang Hindia Belanda

Green Street Hooligans, Bonek

Sunrise of Java, Banyuwangi