Bike to Campus, Bike to PIMITS 12



Akhir pekan ini, saya masih tetap saja liputan, dikala orang lain memanfaatkan hari liburnya berkuliah untuk beristirahat ataupun sekedar menikmati hidup. Saya haruslah bangun pagi-pagi buta, untuk menuju ke Taman Flora yang menjadi lokasi peliputan saya. Pukul 05.30 berangkat dari Kost, tiba lah saya di Taman Flora. Tidak sulit mencari objek liputan saya disana, karena memang teman-teman dari Panitia PIMITS 12 terlihat disalah satu pintu masuk Taman yang menjadi lokasi favorite warga Surabaya untuk berolahraga ini. Pintu masuk yang berada disebelah timur dari Taman Flora sudah dipadati dengan ratusan pesepeda (bikers) yang ingin mengikuti Bike Tour Surabaya. Yah! Bike Tour Surabaya menjadi opening ceremony bagai kegiatan akbar mahasiswa ITS, yakni Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS atau yang mungkin sering dikenal dengan sebutan PIMITS saja ini. Sudah 12 kali PIMITS digelar, namun baru kali ini panitia menyuguhkan sebuah acara yang sangat edukatif dan sportif ini. Selamat buat BEM ITS yang mampu mengumpulkan para bikers untuk ikut meramaikan ajang Bike Tour kali ini.
Tour Bike Surabaya sendiri terselenggara dengan bekerjasama dengan para komunitas pencinta sepeda. Komunitas -komunitas ini ada yang menamakan dirinya sebagai Komunitas Pekerja Besepeda atau Bike to Work. Seakan tidak mau kalah dengan para pekerja, teman-teman pelajar dan mahasiswa juga memiliki sebuah komunitas Bike to Campus. Peserta dari Bike Tour Surabaya memang sangat beragam, selain datang dari para komunitas-komunitas tersebut, banyak juga punggawa-punggawa bike rasing club ataupun club-club lainnya turut hadir pada acara yang pelepasannya dilakukan oleh perwakilan Gubernur Jatim ini. Bahkan banyak juga teman-teman mahasiswa dan pelajar yang dengan inisiatif sendiri hadir dan ikutan Bike Tour, dan masyarakat sekitar yang memang sedang bersepeda di Taman Flora juga banyak yang bergabung. Mungkin tentunya dengan iming-iming hadiah yang menggiurkan.
Hadiah tidak menjadi hal yang penting bagi para bikers ini, namun kebersamaan dan kesenanganlah yang mereka cari, seperti yang disampaikan oleh Habibi, teman saya yang berasal dari UNESA ini mengaku hadiah hanyalah menjadi efek samping dari hobi bersepedanya. Namun dengan bersepeda teman-teman bisa berkomunikasi, berbaur, berbincang-bincang dengan warga sekitar, ataupun dengan para pencinta sepeda lainnya. Selain itu tentunya dengan mengadakan kegiatan Bike Tour Surabaya kali ini, PIMITS 12 turut berperan dalam mewujudkan langit Surabaya Biru dengan bersepeda. Selain itu dengan memakai Taman Flora sebagai lokasi start dari Bike Tour, PIMITS 12 juga ikutan berusaha dalam upaya penyelamatan ruang hijau terbuka Surabaya. Hal ini wajar mengingat status Taman Flora yang sekarang jatuh ketangan swasta, wajar banyak pihak yang khawatir Taman yang memiliki sebutan Taman Bibit ini tidak menjadi ruang hijau bagi masyarakat Surabaya namun dijadikan sebagai ladang pundi-pundi uang para taipan.
Bersepeda sehat, bersosialisasi, dan ramah lingkungan

Liputan kali ini sungguh mengasikkan karena selain menjalankan tugas saya sebagai reporter ITS Online, saya juga dapat berhunting-hunting foto di event yang lumayan besar ini walaupun masih setingkat lokal. Banyak jurnalis dan fotografer yang hadir di acara tahunan ITS ini, selain itu juga banyak dari peserta-peserta PIMITS Fotografi Competition yang mencuri start hadir di acara ini untuk menciptakan hasil karya foto yang nantinya akan dipertandingkan. Saya sendiri hampir dikira salah satu pesertanya oleh panitia. Namanya kalau sudah suka, walaupun capek, panas pun dilewati jadilah saya mengikuti Bike Tour ini tapi tidak dengan sepeda pancal, namun dengan sepeda motor saya. Maka saya abadikan tiap rute dan jalur yang dilewati para bikers ini mulai dari start awal di Taman Flora, Pit Stop di Hotel Metropolish Trenggilis, dan garis finish di Graha Sepuluh November ITS.

Lokasi : Rumah Sakit Haji Surabaya


Lokasi :Kampus UPN Veteran Surabaya


Tua-tua Keladi mesti udah uzur Kakek ini sampai juga ke garis Finish
Lokasi : GRAHA ITS


Mengikuti para bikers ini melintasi jalan-jalan Surabaya tidak lah mudah, saya harus memacu motor saya lebih kencang sehingga bisa mendapatkan lokasi untuk memotret mereka dengan apik, terkadang sering saya nekad mengambil posisi di tengah jalan raya diantara mereka. Untungnya kondisi jalan -jalan di Surabaya masih belum begitu padat di pagi hari. Kalau tidak mungkin sudah terlindas kendaraan lainnya saya dijalanan sebelum garis finish di Graha. Sesampainya di Graha acara tidak segera selesai begitu saja, namun masih terdapat berbagai rangkaian acara lainnya seperti pembukaan PIMITS 12, penandatanganan petisi pernyelamatan ruang hijau terbuka Surabaya, dan launching ITS Bike to Campus oleh Bapak Wakil Walikota Surabaya Arif Affandi. Sembari menunggu pengundian hadiah para Bikers ini beristrihat dan melakukan perawatan terhadap sepedanya sendiri, bahkan membuat game-game yang menggunakan ketrampilan bersepeda, sementara itu undian berhadiah akan diundi. Hadiah dari Bike Tour ini berupa Sepeda Gunung, HP, voucher menginap di Hotel, dan banyak lainnya.

Menggendarai Sepeda dengan mengenakan Kebaya, kebayang ga? susahnya!

Tidak hanya kaum muda yang ambil andil di Bike Tour Surabaya kali ini, tapi Banyak dari mereka yang sudah lanjut usia berperan.


Seorang Bikers yang memandangi sepedanya yang dijungkirbalikkan untuk perawatan

Jika saya sebelumnya saya sendirian di Taman Flora dan selama perjalanan menuju ke Graha ITS. Namun ketika di lokasi garis Finish ini saya bertemu dengan Wanda Angga Winata, Wanda sapaan akrabnya adalah Mentri Riset dan Teknologi dimana PIMITS menjadi ranah kerjanya, teman satu Jurusan saya di Teknik Sistem Perkapalan ini, cukup berjuang keras demi suksesnya acara yang menjadi pembuka awal dari seluruh rangkaian kegiatan PIMITS ke-12, Selain itu saya juga bertemu dengan teman lama ketika baru menjadi mahasiswa baru dulu di ITS, kita ketemu di acara ESQnya ITS, nama Risma sekarang dia menjadi MC untuk acara Bike Tour kali ini. Selain itu saya juga bertemu dengan beberapa kawan fotografer yang namanya saya tidak tau, lain kali kita kenalan wes, sorry saya kalau dah liputan harus fokus dan konsentrasi jadi ga sempat kenalan ma kalian.

Wanda Angga Winata, Menristek BEM ITS


Risma udah ahli, MC-in acara sekarang


Maaf mbak, nambah deh koleksi foto-foto sang fotografer cewek ku

Asyik banget liputan di week end kali ini, setidaknya ada hikmah yang bisa saya dapatkan dari liputan di hari Sabtu dan Minggu, pertama saya tidak menghabiskan waktu saya dengan sia-sia, kedua hidup saya tidak hanya berkutat dengan buku-buku Marine Engineering yang tebal-tebal itu. Bagi pembaca setia MOD, luangkan waktu Sabtu-Minggu anda untuk sesuatu yang bermanfaat. Cukup sekian laporan saya, kita akan lanjutkan kembali dengan cerita dan liputan yang keren, mantab, bombastis, fantastis, dan tentunya makyuss pemirsa.

Comments

aklam said…
uuh goenawan muhammad ternyata seorang biker! hahaha top gan!
Anonymous said…
waw,,, walk to work ya...? heee...
fajjar_nuggraha said…
@aklam
iya nih gan...
jadi pengen juga ngbike ke kampus..
tapi masih belum bisa...
fajjar_nuggraha said…
@thewavemaker
aduh kalau mesti jalan lihat dulu deh kantornya ma rumah or tempat tinggal jauh ga...
kalau jauh seperti jakarta-bogor, mana kuat awak..heheheheh
Arsyil_keren said…
Thanks atas komentarnya di blog saya.
Kalau saya perhatikan semua fotonya ada tulisan MODimages. MOD=memory of the day kan? Agar fotonya ketika di copy ketahuan asalnya ya.
Sip2..
fajjar_nuggraha said…
@Arsil..
Yupz benar...
foto juga kekayaan intelektual jadi mesti dilindungi ehhehehe...
pimits13 said…
pimits 13 akan hadir rek, kurang 95 hari lagi,terdiri dari 7 lomba dan 6 acara hiburan atau pameran. info selengkapnya di http://pimits.its.ac.id

btw mungkinnan besar tour bike akan diadakan lagi :)
dan photography contest juga :)
so ikutan ya'
fajjar_nuggraha said…
@PIMITS 13
Thanks infonya ya...

Popular posts from this blog

Foto-Foto Terlarang Hindia Belanda

Green Street Hooligans, Bonek

Ruas Berita di PTN Peraih Akreditasi A