TRISKAIDEKAPHOBIA



Isi disadur dari berbagai sumber

Awal perkuliahan saya di ITS, ketika mendaftar ulang di Gedung SCC ( Student Comunity Center). Saya ditanya oleh seorang teman, "jar dapat no urut berapa (NRP maksudnya, maklum kita belum tau sebutan absen di ITS waktu itu adalah NRP)," ujar seorang teman itu. Saya dengan bahagianya bilang dapat nomer absen 13 nih. Waduh bakal sial kamu jar, balas teman saya yang juga satu dearah dengan saya itu. Itulah awal perjumpaan saya dengan angka 13 ini, perjumpaan itu dalam bentuk NRP 4206100013, dimana angka 42 berarti kode jurusan saya Teknik Sistem Perkapalan dengan keterangan 4 adalah kode Fakultas Teknologi Kelautan, kemudian 2 adalah Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, kemudian 100 adalah kode untuk mahasiswa reguler diluar program lintas jalur ataupun ekstensen, yang kemudian 013 adalah nomer urut saya didaftar mahasiswa siskal angkatan 2006. Bagi saya mendapatkan NRP 13 tidak lah menjadi suatu masalah besar, sampai saat ini saya masih belum mendapatkan kendala berarti di perkuliahan, indeks prestasi saya juga masih lancar-lancar aja, jodoh juga.hehehehehehe. Namun terkadang memang pemilik NRP 13 harus was-was kalau dapat matakuliah dari pak Dwi. Beliau sering merendom memanggil mahasiswa di kelas untuk mengerjakan soal dengan menggunakan no NRP bahkan tanggal atau pun menjumlahkan antara tanggal dan bulan. Akibatnya saya pernah maju 2 kali berturut gara2 hal tersebut, pertama gara2 NRP saya, kemudian karena tanggal pada hari tersebut bertepatan dengan tanggal 13.

Namun secara keseluruhan saya tidak merasa sial dengan memiliki NRP 13, malahan saya juga jatuh cinta dengan angka ini. Atau angka ini yang jatuh cinta sama saya, sampai-sampai terus-terusan mengikuti saya. Mungkin pembaca MOD yang setia tidak akan percaya kalau saya selalu diikuti oleh angka ini untuk beberapa kejadian dan event. Misalnya saja no HP saya 0857xxxxx313, no HP yang dibeli oleh Anggie ini memiliki unsur angka 13 diakhir. Kunjungan pertama saya di Bioskop 21 Matos Malang juga tidak kalah seru, dua kali saya nonton di bioskop tersebut saya mendapatkan kursi yang tersisa yang bernomer urut 13.Kemudian ketika saya ingin mendaftarkan diri ikutan les bahasa Inggris baru-baru ini, untuk tes LCPTnya saya mendapatkan no. urut 13, dan yang tidak kalah anehnya lagi setelah memasuki ruangan tes saya mendapatkan no.soal 130, dimana soal tersebut memang terdiri dari 3 digit yang dimulai dengan angka 110. Aneh kan?dalam satu kesempatan saya diikuti oleh angka 13. Masih banyak lagi kejadian unik, aneh, mengesankan lainnya dengan angka tiga belas, namun kalau saya ceritakan tentu tidak akan habis 10 judul buku. Oleh karena kejadian- kejadian inilah saya langsung melakukan investigasi terhadap angka yang menurut kebanyakan orang merupakan angka sial ini. Selain penasaran tentunya saya ingin tau ada apa dibalik angka 13 ini.

No.urut Tes LCPT UPT Bahasa dan Budaya ITS


No.Soal


No urut kursi Bioskop 21 Matos Malang

Kalau diperhatikan lagi sebenarnya angka 13 ini banyak dijumpai pada benda-benda yang berada disekeliling kita. Misalnya saja pada kode Barcode produk-produk keluaran pabrik baik pabrikan dalam maupun luar negeri, Simbolisasi logo-logo perusahaan multinasional milik Amerika Serikat, seperti Microsoft, McDonald, dan banyak lainnya, angka 13 juga terdapat pada rumus-rumus geometri pada patung liberty dan gedung monumen Washington DC. Bahkan pada simbol elang lambang dari Amerika Serikat juga dijumpai keberadaan angka ini. Hingga bilangan batu permata yang ada di Cruix Gemmata, salib yang bertaburkan 13 batu mulia juga menambah panjang daftar bangunan dan benda bersajarah lainnya yang memiliki unsur angka 13. Terkadang angka 13 juga dikaitkan dengan bentuk penyembahan pada setan, ataupun semacamnya yang serupa dengan angka 666. Dalam kepercayaan kristiani kuno angka 13 dikait-kaitkan dengan ISA dengan 12 muridnya, ataupun kepercayaan Yahudi yang menyatakan 12 suku Yahudi dan satu suku Yahudi dunia (Yahudi yang tidak memiliki keturunan langsung). Banyak yang percaya posisi angka 13 setelah angka 12 yang merupakan angka sempurna, menjadikan angka 13 sebagai prime number yang banyak ditakuti oleh sebagian orang. Sehingga ketika kita jumpai pada nomor tempat duduk di pesawat maupun hotel-hotel berbintang, dan no urut lantai dari gedung-gedung pencakar langit, tidak kita jumpai angka 13 didalamnya. Kebanyakan dari tiap orang merasa takut mencatumkan angka tersebut.

Rasa ketakutan dengan angka 13 dan segala bentuk penjelmaan dan visualisasi angka tersebut dinamakan Triskaidekaphobia. Akibat rasa takut yang berlebihan terhadap angka ini membuat hampir kalangan mendapatkan kerugian yang sangat menganggu. Misalnya saja Paul Hoffman, di dalam Smithsonian Magazine (Febr, 1987), menyatakan jika fobia terhadap angka 13 ini telah menelan biaya satu miliar dollar AS pertahun karena fobia itu telah menyebabkan orang mangkir dan membatalkan keberangkatan kereta dan pesawat terbang, serta mengurangi aktivitas perdagangan di setiap tangal 13 setiap bulannya. Napoleon Bonaparte, Paul J. Getty, dan Franklin Delano Roosevelt sangat percaya dengan kesialan angka 13 ini sehingga selalu menghindari makan malam dengan 13 orang. Trikaideka-phobia , takut akan angka 13, sedemikian hebatnya sehingga kalau anda makan malam di Hotel berbintang Savoy di London, dan kebetulan anda datang rame-rame ber-13 maka si Manager Hotel Mr Paul, akan cepat2-cepat mengeluarkan mascot dua kucing hitam yg didudukan di kursi khusus , untuk menemani anda sekalian dimeja makan! Biar yg makan jadi 15, kalau tidak, “It is believed that one of the 13 diners will die within a year". Begitu wanti-wanti sang manager memperingati pelanggannya tersebut.

Berapa banyak hotel atau permukiman yang pantang mencantumkan angka 13 untuk nomor lantai, kamar, maupun rumah. Lotere di Itali, Perancis tidak ada nomer 13-nya. Begitu juga tidak ada nama jalan di Amerika yang menggunakan 13th Street atau 13th Avenue. Di dalam kekristenan, angka 13 ini juga mengingakan mereka akan episode perjamuan terakhir, di mana murid yang ke-13 berkhianat terhadap Yesus. Angka 13 jika bersamaan waktunya dengan hari Jum'at (hari yang oleh orang Kristen dipercaya sebagai hari kematian Yesus) dianggap sial dua kali lipat (Fiday 13). Berdasarkan hasil penelitian dari Dr Donald Dossey seorang psikoterapi khusus dlm bidang “phobia” = takut dlm bhs Yunani, di AS saja ada lebih dari 21 juta orang yang memiliki penyakit “paraskevidekatriap hobia” atau rasa takut akan hari Jumat tgl 13. Dan menurut laporan dari “The Stress Management Center and Phobia Institute” di Asheville - AS, tenyata setiap hari Jumat tgl 13, ekonomi Amerika mengalami kerugian antara 800 s/d 900 juta AS$, karena banyak orang yg ogah travelling, bekerja ataupun melakukan kegiatan bisnis apapun juga.

Setelah mengetahui beberapa mitos dan kepercayaan seputar angka 13, tentunya pembaca MOD sekalian ada yang merasa takut ataupun sekedar penasaran dengan angka tersebut. Namun secara pasti saya pribadi tidaklah menggangap angka 13 sebagai sesuatu yang perlu ditakutkan. Selama kita selalu beserah diri pada Allah SWT, semoga yang kita jalani selama ini mendapatkan ridho dan dukungannya. Namun jika dilihat kembali dari segi Islam angka 13 bukanlah angka sial, Contoh surat Ar Rahman mulai dr ayat 13, isi ayat 13 itu diulang-ulang terus sebanyak 31 x, dimana angka 31 juga merupakan mirror dari angka 13 itu sendiri. Dalam Al-Quran kita dianjurkan untuk sholat Tahajjud ada 13 x dlm berbagai surat dan ayat-ayatnya. Dan untuk gampangnya saja, huruf Alif dan Laam telah digunakan sebagai huruf Muqattaat di dua surat yaitu Surat no.13 dan Surat no.31.Surat 13 namanya Surat Ar Ra’du ( Petir) dan Surat 31 namanya Surat Luqman. Hal yang menarik dari kedua Surat ini ialah Surat 13 mempunyai 43 Ayat sedang-kan Surat 31 mempunyai 34 Ayat. Jadi jika kita sering-sering membolak-balikkan halaman Al-Quran, maka kita pasti kita akan menemukan rahasia mengenai angka-angka tersebut.

Bahkan ada yang cukup menggelitik saya dengan komentar dari seorang pengurus partai pada salah satu media seperti pada kutipan berikut ini :
====================================================================
"Saya bersyukur PKB dapat nomor urut 13 dalam pemilu, angka 13 angka keramat, dan rumah Nabi Muhammad juga nomor 13," kata Ketua DPD PKB Jawa Barat Helmy Faisal dalam kampanye PKB di Lapangan Gambar Sari, Subang, Jawa Barat, Sabtu (21/3/2009).
====================================================================
Namun kenyataan berbicara lain, kubu PKB menjadi terpecah dua, otomatis partai yang memiliki basis yang kuat pada propinsi Jawa Timur ini keok di pemilu 2009 dengan hanya memperoleh 4,94 persen. Perihal pernyataan Helmy yang mengucapkan nomor 13 sebagai nomor rumah Nabi Muhammad masih perlu dipikir dan dicerna berulang-ulang mengenai kebenarannya. Sedangkan yang menjadi cukup aneh disini adalah terjadi dengan nomor urut mirror dari 13 yakni 31, dimana nomer ini menjadi nomer urut dari partai Demokrat. Demokrat menjadi pemenang pemilu legislatif dengan memperoleh suara mutlak 20,85 % jauh memimpin dari pesaing-pesaing kuat lainnya, seperti Golkar dan PDI-P.
no.urut PKB di Pemilu 2009


no.urut Demokrat di Pemilu 2009

Terlepas dari hal tersebut tidak dapat dipungkiri kalau angka 13 selalu menjadi fenomena dan misteri dari kehidupan kita sehari-hari. Di liputan yang serba 13 ini saya juga mengucapkan selamat ulang tahun pada mas Hanif Santoso, Koordinator liputan ITS Online dan juga mahasiswa Geomatika ITS. Sekaligus kontributor blog tetangga hifatlobrain.blogspot.com, mbak Winda Savitri yang juga mahasiswa Teknik Kimia ITS. Kedua orang yang ganteng dan cantik ini pada tanggal 13 Mei genap berusia 22 tahun. Dua orang yang memiliki tanggal lahir yang sama ini kebetulan sempat diabadikan oleh Aklam Panyun lewat mata lensanya.

Mas Hanif dan Mbak Winda

Sekian dulu investigasi dari MOD, untuk penutup saya dan mewakili pembaca setia MOD, saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk mas hanif dan mbak winda. Semoga panjang umur, sehat, dan tercapai cita-citanya. Amin. Sampai jumpa di posting yang akan datang.

Comments

Anonymous said…
NRPku 1306100074 Jar, huaaa gak penting. Yang jadi masalah, Keyboardku soak di angka 6 dan 4. semua password yang yang ada angka2 tsb diatas, kureset semua...
Postinganmu ini ngingetin diriku di pilem Knowing. What happened when the numbers run out???
fajjar_nuggraha said…
@catatan saya
hehehehehehe...
coba deh di perhatikan loet, angka posting n jam posting dari Triskaidekaphobia ini...
kalau tanggal memang saya sengaja mau diposting di tanggal 13 MEI 2009
tapi lihat jam postingnya...
keajaiban timbul disana...?
Anonymous said…
Lebayyyyyyyyyyyyyyyyyyyy......
aklam said…
hahaha alay pol,jadi ngingetin saya sama filem 'number 27', huhu udah liat?
Anonymous said…
sepakat, kamu kok tiba2 alay jaya gitu Jar?
13; NRP jurusanku
31; NRP punya tetangga

hehehehe
fajjar_nuggraha said…
sekali-kali alay juga ga apa2 kan gan...
hehehe
fenomena angka bikin penasaran...

Popular posts from this blog

Foto-Foto Terlarang Hindia Belanda

Green Street Hooligans, Bonek

Ruas Berita di PTN Peraih Akreditasi A